Pantangan Makanan Penderita Epilepsi

Anda Memiliki Riwayat Penyakit Epilepsi? Dan Ingin Terbebas Dari Penyakit Epilepsi? Yukk Ketahui Pantangan Makanan Penderita Epilepsi Yang Harus Dihindari!!


Epilepsi atau ayan merupakan suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi saar impuls listrik dihasilkan secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan tubuh yang tak terkendali.

Menurut data WHO, sekitar 50 juta orang didunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekitar 2,4 juta setiap tahunnya. Anga pertambahan kasusu epilepsi lebih tinggi di negara berkembang dibanding dengan negara maju. Di Indonesia sendiridata kasus epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta dan akan bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya.

Gejala Epilepsi

Kejang berulang adalah gejala utama dari epilepsi. Tingkat keparahan kejang pada tiap penderita berbeda, ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Selain itu, ada beberapa gejala dari epilepsi yang menyertai terjadinya kejang, seperti:

  • Mata yang terbuka saat kejang
  • Tubuh menjadi kaku yang diikuti dengan gerakan ritmis pada lengan dan kaki
  • Otot tubuh tiba-tiba menjadi rileks sehingga penderita jatuh tanpa kendali
  • Penderita kadang mengeluarkan suara atau berteriak saat mengalami kejang
  • Gerakan menyentak ritmis yang umumnya menyerang otot leher, wajah dan lengan
  • Mengompol
  • Kesulitan bernapas
  • Badan terlihat pucat atau bahkan membiru
  • Setelah sadar penderita terlihat bingung selama beberapa menit atau jam

Penyebab Epilepsi

Berdasarkan penyebabnya, penyakit epilepsi dibagi menjadi dua jenis yaitu epilepsi idiopatik dan epilepsi simptomatik.

1. Epilepsi idiopatik

Jenis epilepsi yang tidak diketahui penyebabnya. Namun diduga kondisi ini terkait dengan genetika yang diturunkan dalam keluarga. Dan sebagian besar kasus epilepsi didunia masuk dalam kelompok epilepsi idiopatik.

2. Epilepsi simptomatik

Jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Ada beberapa konsisi yang dapat menyebabkan epilepsi simptomatik, seperti:

  • Cedera parah dikepala
  • Tumor otak
  • Penyakit serebrovaskuler
  • Penyakit infeksi otak
  • Pertumbuhan beberapa bagian otak yang tidak berjalan dengan baik
  • Kekurangan oksigen saat dilahirkan
  • Kadar gula darah atau natrium yang tidak normal
  • Kecanduan minuman beralkohol

Pantangan Makanan Penderita Epilepsi Yang Harus Dihindari

>> Karbohidrat Olahan

Penderita epilepsi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karvohidrat olahan. Beberapa kelompok makanan ini termasuk seperti roti putih,kue kering, kue basah, dan pizza. Sebuah penelitian membuktikan apabila penderita epilepsi sering mengonsumsi makanan yang mengandung indeksi glikemik tinggi maka serangan kejang akan lebih sering terjadi.

>> Buah dengan indek glikemik tinggi

Buah yang dikonsumsi oleh penderita epilepsi sebaiknya adalah buah yang mengandung indek glikemik rendah. Beberapa buah jenis buah yang mengandung indeks glikemik tinggi yaitu seperti: kismis, buah kering, pisang, dan kurma. Buah ini memiliki rasa manis yang berlebihan sehingga menyebabkan perut mudah lapar, hal ini yang menyebabkan terjadinya epilepsi.

>> Makanan yang mengandung MSG

Pantangan makanan penderita epilepsi yang selanjutnya yaitu makanan yang mengandung MSG. Sebuah studi menyatakan bahwa jika beberapa penyedap yang masuk dalam tubuh penderita epilepsi dapat menyebabkan risiko syaraf menjadi lebih aktif, dan efeknya menyebabkan pengaruh untuk sistem syaraf, sehingga kondisi penderita epilepsi menjadi tidak stabil.

>> Kacang-kacangan

Kacang-kacangan masuk dalam daftar pantangan makanan penderita epilepsi, hal ini karena kacang dapat meningkatkan mual dan muntah yang dapat memicu serangan epilepsi. Selain itu, kacang juga dapat menyebabkan asma dan sesak nafas sehingga mengakibatkan kejang terjadi sewaktu-waktu.

>> Makanan yang mengandung kafein

Semua jenis makanan yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita epilepsi. Kafein dapat membuat sistem saraf mengalami gangguan yang parah termasuk risiko kejang. Kafein memiliki sifat sebagai stimulan untuk sistem syaraf sehingga penderita epilepsi bisa lebih sering kejang.

Tahukah Anda?? Kini Epilepsi Dapat Diatasi Dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional Epilepsi

Walatra Habbaza Softgel obat herbal Asli Indonesia yang diproduksi oleh CV. JOGJA NATURAL HERBAL yang terbukti dapat mengobati berbagai penyakit secara alami tanpa menimbulkan efek samping sehingga dipercaya sebagai obat tradisional epilepsi.

Mau Tahu Cara Kerja Walatra Habbaza Softgel Sebagai Obat Tradisional Epilepsi?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS/WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

 

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Penderita Epilepsi
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

Komentar Facebook
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)

Kata Pencarian :

    pantangan penderita epilepsi, makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita epilepsi, makanan epilepsi, pantangan makanan epilepsi, pantangan makanan penderita epilepsi, teh tarik untuk penderita epilepsi
Admin Web

Admin Web

Walatra Gamat Emas Kapsul produk terbaru dari teripang gamat emas di extrak menjadi kapsul yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

error: Ketik Aja Ya !!